Joko Santoso, pria yang alami kebutaan usai vaksinasi. (dok Liputan6)

Warga Malang Buta Usai Divaksin, Kondisinya Mulai Membaik

rini | Kesehatan | 03-12-2021

PARBOABOA, Malang - Kasus kebutaan yang dialami Joko Santoso seorang warga Kota Malang, Jawa Timur mengalami kebutaan usai menjalani vaksinasi menyedot perhartian publik. Melalui unggahan di media sosial, istri dari Joko, Titik Andayani menuliskan kronologi kebutaan yang dialami suaminya usai mendapat suntikan vaksin pertama jenis Astrasebeca.

Titik menjelaskan, awalnya suaminya dalam keadaan normal dan tidak mempunyai penyakit bawaan saat akan melakukan vaksin. Namun pada setelah vaksin suaminya mendadak buta. Keadaan ini sangat mempengaruhi keadaan ekonomi keluarga mereka saat ini, terlebih masih ada anak yang harus disekolahkan.

Saat ini keadaan Joko memang sudah membaik, akan tetapi belum pulih 100 persen, padahal sudah tiga bulan sejak dia menjalani vaksinasi. Akan tetapi selama pengobatan berlangsung, Pemkot Malang disebutnya tidak mempedulikan masalahnya.

"Saat ini suami tidak bisa bekerja, kemudian selanjutnya bagaimana. Kami mengharapkan adanya bantuan," kata Titik.

Titik berharap pemerintah setidaknya memberikan pekerjaan yang sesuai untuk suaminya.

Penjelasan Dinas Kesehatan

Dinas Kesehatan dari Kota Malang membenarkan kasus kebutaan yang dialami salah satu warga setelah vaksin pada bulan September lalu. Namun Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif menjelaskan penyebab pasti kebutaan yang dialami pasien tersebut belum dapat dikonfirmasi secara pasti. Pihak Dinkes masih mendalami kasus tersebut dengan melakukan pemeriksaan melibatkan ahli.

“Untuk penyebabnya masih dalam pemeriksaan ahli," kata Husnul, Rabu (1/12).

Husnul juga memastikan pasien tersebut mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar Kota Malang.

Tag : #covid19    #vaksin    #astrazeneca    #warga buta usai divaksin    #kesehatan    

Baca Juga