Tips Tingkatkan Kekayaan Saat Masa Pandemi

sondang | Ekonomi | 14-07-2021

Wabah virus Corona atau Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan kita. Dampak ekonomi salah satu yang paling dirasakan masyarakat. Banyak orang kehilangan pekerjaannya dan pemilik usaha yang terpaksa gulung tikar.

 

Baru-baru ini sebuah perusahaan investasi, Credit Suisse mengungkapkan bahwa selama pandemi COVID-19, jumlah orang kaya di berbagai negara mengalami kenaikan yang melonjak tajam. Indonesia pun termasuk menjadi salah satu negara yang mengalami penambahan jumlah jutawan di tahun lalu meski kondisi sedang terpuruk pandemi.

 

Credit Suisse menyebut, jumlah orang dengan kekayaan di atas US$ 1 juta atau setara dengan Rp 14,49 miliar (kurs dollar Rp 14.486) di Indonesia ada sebanyak 172.000 orang. Bertambah 62,3% dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

 

Credit Suisse menyebut, jumlah orang kaya di tanah Air bertambah karena kenaikan harga aset. Salah satunya didorong oleh suku bunga rendah yang mendorong harga aset di pasar keuangan.

 

Tak hanya di sektor keuangan saja, harga aset fisik seperti properti pun masih membukukan kenaikan meski lajunya melambat. Pada 2020, indeks harga hunian residensial naik 1,55% yoy (year on year).

 

Kemudian, yang perlu digarisbawahi adalah para jutawan itu tak hanya bergantung pada penghasilan bulanan saja. Investasi disebut sebagai tambahan penghasilan. Bahkan, bisa lebih tinggi ketimbang upah tetap yang perkembangannya hanya mengikuti laju inflasi saja.

Tag : #nasional   

Baca Juga