Ilustrasi

5 Tips Mengatasi Memori Internal Smartphone yang Penuh

Wanovy | Teknologi | 18-09-2021

Pasti Anda pernah merasakan notifikasi mengenai ruang penyimpanan penuh ketika anda ingin menyimpan dokumen, foto, atau menginstal aplikasi lain dari Play Store .Hal itu dikarenakan memori internal yang terdapat di smartphone anda tidak dapat menyimpan dokumen atau aplikasi baru.

Alhasil, jika memori HP penuh, pengguna tak lagi dapat menyimpan file foto, video, musik, serta berbagai jenis file lainnya. Memori HP penuh tentu sangat menyebalkan, terlebih ketika Anda sedang melakukan aktivitas penting seperti merekam video atau mengunduh file.

Salah satu cara untuk mengatasi memori HP penuh adalah dengan menambah kapasitas memori menggunakan kartu microSD eksternal. Namun, bagaimana jika memori itu juga sudah maksimal digunakan? Berikut cara mengatasi memori internal HP yang penuh :

1. Pindahkan Aplikasi, Foto, Musik ke SD Card

Memindahkan beberapa aplikasi, video, musik dan foto ke Micro SD atau memori eksternal bisa menjadi solusi agar memori internal tidak penuh. Disarankan untuk menggunakan kartu memori yang memiliki kapasitas besar, seperti SD card 16 Gb atau 32 Gb.

Untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke ekseternal caranya bisa dengan membuka menu Setting > Setelan tambahan > Manajemen Aplikasi >Di Instal. Kemudian cari nama aplikasi apa yang ingin dipindahkan, lalu klik tap pindahkan ke SD Card.

Sementara untuk memindahkan foto, vidio, atau musik ke memori eksternal bisa dengan cara Buka File Manager > Pilih folder yang ingin dipindahkan ke SD Card > Move atau Copy > Paste ke penyimpanan eksternal atau SD Card.

2. Bersihkan File Cache Pada Smartphone

File cache merupakan sampah yang terdapat di aplikasi yang sering kita gunakan. Biasanya kalian sering lupa untuk membersihkannya, karena file cache ini tidak dapat hilang secara sendirinya, melainkan kalian yang harus membersihkannya.

Semakin sering digunakan, data cache akan semakin menumpuk. Misalnya saja ketika membuka situs di peramban/browser, sistem akan menyimpan gambar yang dilihat dan menyimpannya di file cache.

Untuk menghapus data cache, silakan pergi ke menu Settings > Apps > Manage Apps. Selanjutnya cari aplikasi yang paling sering digunakan dan pilih opsi delete cache.

3. Simpan File di Cloud atau Memori Eksternal

Memori internal memiliki tugas utama untuk menyimpan aplikasi. Untuk mengurangi kapasitas penggunaannya, Anda dapat mengalokasikan gambar, video, serta file lainnya ke memori eksternal atau layanan cloud, seperti Google Drive.

Layanan milik Google ini menyediakan tempat penyimpanan gratis dengan kapasitas hingga 15 GB. Anda tak perlu khawatir file yang tersimpan akan hilang karena file tersebut dapat diakses sewaktu-waktu menggunakan aplikasi Google Drive.

4 .Hapus Data Aplikasi Offline YouTube

Aplikasi offiline ialah aplikasi yang menyediakan konten baik itu berupa gambar, video, artikel maupun musik yang bisa dinikmati secara offline.

Langkah-langkah menghapus data di Youtube bisa Anda lakukan dengan Buka aplikasi YouTube > Profil > Pengaturan > Unduhan > Hapus unduhan .

Selain itu, bisa juga dengan buka menu Library (Perpustakaan) pada pojok kanan bawah, lalu buka menu Unduhan, akan terlihat daftar video offline.

Selanjutnya, buka icon tiga titik disebelah video yang ingin dihapus kemudian pilih menu Hapus dari unduhan. Lakukan hal tersebut satu persatu pada setiap video.

5. Hindari Aplikasi Pembersih RAM

Ketika sedang menjelajah toko aplikasi Google Play Store dan App Store, tak jarang Anda akan menemukan rekomendasi aplikasi yang diklaim dapat mengurangi penggunaan RAM ponsel. Namun, tidak semua aplikasi ini bisa berjalan dengan baik dan tak jarang justru membebani kinerja ponsel.

Tag : #teknologi    #tips    #memori    #smartphone    #android   

Baca Juga