Ilustrasi

Tips Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Terisi Penuh Saat di Cas

Wanovy | Teknologi | 09-10-2021

Pernahkan Anda mengalami kendala saat mengisi daya (charging) ponsel Android, seperti proses yang lambat, atau daya yang tak kunjung bertambah?

Jika pernah, maka ada sejumlah potensi penyebab, mulai dari kesalahan pada stop kontak (colokan) hingga masalah pada perangkat lunak ponsel.

Namun, jangan khawatir, sebab ada sejumlah cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah pada proses pengisian daya pada HP Android. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Cek kabel pengisi daya

Pada umumnya, jika Anda mengisi daya memakai kabel yang bukan pasangan dari adaptor (kepala charger), maka akan ada masalah pada proses pengisian daya, seperti lambatnya proses pengisian. Hal itu juga bisa terjadi bila kabel sering Anda gulung.

Untuk itu, pastikan Anda mengisi daya HP dengan kabel yang tidak tertekuk/tergulung. Jika tak berhasil, maka gunakan kabel lain.

2. Adaptor

Anda perlu memastikan kalau kabel dan adaptor terhubung dengan benar, supaya proses mengisi daya lancar. Jika adaptor charger Anda bermasalah, maka biasanya daya tak akan bertambah.

Untuk memastikan kondisi adaptor, cobalah mengisi daya melalui komputer/laptop, menggunakan kabel data. Bila tak ada masalah, berarti adaptor Anda bermasalah atau tidak cocok dengan baterai HP Anda.

Ingat, tiap adaptor memiliki frekuensi serta kemampuan input/output yang berbeda. Jangan sembarangan mengganti adaptor bawaan dari produsen.

3. Pastikan port pengisian daya bersih

Lubang pengisi daya pada HP Anda juga berperan penting dalam proses isi baterai HP Android. Bersihkanlah lubang colokan dengan angin dengan tekanan. Jika terdapat masalah lanjutan pada port, maka Anda perlu pergi ke pusat perbaikan HP.

4. Periksa stop kontak

Jika masalah terdapat di stop kontak, maka Anda perlu memutuskan/mematikan sirkuitnya lebih dulu.

5. Rebooot HP

Langkah selanjutnya jika menemui baterai yang di cas tidak penuh-penuh adalah dengan melakukan restart ponsel. Dalam beberapa kejadian melakukan restar atau reboot hp memang akan menjadi solusi untuk hal demikian.

Melakukan restart sama halnya dengan mengulangi sistem dari awal lagi dengan harapan mengembalikan sistem pengisian jika ada bug. Untuk restart silahkan tahan tombol power lalu pilih restart atau reboot pada menu yang tersedia.

6. Update atau Downgrade OS

Saat baterai sudah di cas lama namun masih tidak terisi daya dengan penuh maka solusi nya bisa jadi dengan Update atau Downgrade OS. Setelah mendapatkan update membuat pengisian daya menajdi kacau maka silahkan lakukan downgrade.

Begitupun sebaliknya jika baterai sudah ada notifikasi untuk mengunduh pembaharuan maka lekaslah lakukan pembaharuan ponsel. Dengan melakukan pembaharuan secara sistem ponsel akan menjadi lebih prima sekaligus menghilangkan berbagai jenis bug.

7. Factory Reset

Bagian selanjutnya yang mungkin di lakukan adalah dengan melakukan factory reset ponsel android. Jika belum tau Factory Reset artinya mengembalikan settingan smartphone ke settingan awal atau sering juga di sebut dengan settingan pabrik dari ponsel tersebut.

Namun perlu di ingat sebelum menggunakan cara ini pastikan semua data yang ada pada ponsel sudah di backup terlebih dahulu. Dengan mengembalikan ke settingan awal sama halnya dengan menghilangkan bug bila terjadi kesalahan pada melakukan settingan.

8. Charge HP Saat Mati

Langkah selanjutnya yang lazim digunakan adalah dengan mencoba mengecas hp dalam kondisi Mati. Pastikan dalam kondisi mati ponsel. Coba lakukan cara ini untuk meminilisir pemakaian aplikasi yang berjalan pada ponsel android.

Dengan di cas sampil mati pastinya hp tidak akan memiliki beban besar untuk menjalankan sistem. Dalam beberapa kejadian aplikasi yang berjalan membuat baterai tidak bisa terisi dengan penuh.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi baterai HP yang tidak bisa terisi penuh saat di cas. Selamat mencoba!

Tag : #teknologi    #tips    #trik    #smartphone   

Baca Juga