Pembuat kaus bersablon Jokowi 404: Not Found rilis video permintaan maaf

Tawarkan Kaos Bersablon Jokowi 404: Not Found, Seorang Pengusaha Sablon Diperiksa

rini | Nasional | 19-08-2021

PARBOABOA, Tuban - Seorang pembuat sablon berinisial RS diperiksa karena mengunggah penawaran kaos bergambar "Jokowi 404: Not Found" di akun twitter pribadinya.

Pemilik akun yang menawarkan kaus diketahui merupakan warga Tuban. Polisi yang mendapat laporan tersebut kemudian menindaklanjutinya. Pria yang memiliki usaha sablon pakaian itu diamankan untuk dimintai klarifikasinya.

RS mengaku memanfaatkan situasi saat pemberitaan tentang mural 'Jokowi 404: Not Found' sedang marak. Dengan membuat penawaran online terlebih dahulu, RS berharap akan ada banyak yang memesan kaus tersebut.

Penawaran itu dibuatnya pada 14 Agustus. Namun sebelum mendapat pesanan, RS terlebih dahulu diamankan polisi pada 17 Agustus di rumahnya di Palang, Tuban. Saat menjalani pemeriksaan, RS mengakui semua perbuatannya.

RS tidak ditahan, hanya membuat surat pernyataan permintaan maaf dan berjanji tidak mengulangi perbuatannya lagi.

"Sudah kita selesaikan secara restorative justice setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan kepada pelaku. Pelaku sudah mengakui kesalahanya, membuat pernyataan secara tertulis hingga menghapus tulisan di akunnya," ujar Kasat Reskrim Polres Tuban AKP Adhi Makayasa, Rabu (18/8/2021).

RS juga sudah melakukan permintaan maaf secara lisan lewat rekaman video. RS didampingi istrinya dan Kepala Desa Karang Agung dalam rekamann video. Video permintaan maaf itu dibuat di Polres Tuban.

"Saya atas nama RS alamat Karang Agung, Palang, Tuban. Pekerjaan wiraswasta. Umur 30 tahun. Pemilik akun twitter ombrewoks, dengan ini menyatakan maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia atas unggahan di akun twitter saya yang tidak pantas.

Dan saya minta maaf kepada institusi Polri dan kehakiman serta pemerintah Indonesia. Dan saya menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan tersebut. Dan sekali lagi saya minta maaf kepada seluruh masyarakat indonesia," kata RS dalam ucapan permintaan maafnya.

Polisi sendiri akan melakukan pembinaan terhadap RS. Juga melakukan pengawasan terhadap RS agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Sebelumnya sebuah mural mirip wajah Presiden Joko Widodo ditemukan di kolong jembatan Jalan Pembangunan I, Kelurahan Bayu Jaya, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang. Mural tersebut telah di hapus oleh aparat Ketentraman dan Keterbitan Kecamatan Batuceper pada Kamis (12/8).

Kode eror 404 Not Found biasa muncul jika sebuah website tidak keluar atau tidak ditemukan di internet.

Tag : #nasional   

Baca Juga