Mengisi bensin pada Mobil.

Sembarangan Isi Bensin Bisa Merusak Mesin Mobil Loh

Maraden | Otomotif | 13-09-2021

PARBOABOA, Jakarta – Masih banyak pengendara mobil di Indonesia yang mengisi bahan bakar kendaraannya tidak sesuai dengan standar yang dikeluarkan pabrikan.

Karena alasan ekonomis, banyak juga ditemui yang mengoplos bensin, yaitu mencampur-aduk bensin dengan produk dan jenis oktan berbeda. Padahal itu sangat berbahaya untuk kesehatan mesin kendaraan.

Jika hal tersebut terus menerus dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, bukan tidak mungkin mesin mobil akan mengalami kerusakan. Jika hal itu sudah terjadi, sebagai pemilik mobil kamu pun harus mengeluarkan biaya ekstra dalam memperbaikinya.

Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar, mengatakan, adalah sangat penting bagi sebuah kendaraan untuk tidak sembarangan dalam mengisi bahan bakar. Soalnya, masih banyak dijumpai pengendara mobil yang menganggap sepele kerusakan yang tejadi akibat kesalahan bahan bakar pada mobil.

Karena setiap mobil memiliki ketentuan oktan sehingga tidak boleh asal diisi bahan bakar secara bebas.

Rifat menyarankan pemilik kendaraan khususnya mobil untuk tidak terus menerus mencampur bahan bakar. Hal ini bisa merusak mesin dan tentunya memperpendek usia kendaraan.

"Menambah oktan bahan bakar dengan cara mencampur itu sangat tidak baik, hal ini dikarenakan struktur bahan bakar dan tingkat oksidasinya menjadi tidak sesuai," ujarnya.

Terkecuali jika dalam kondisi darurat seperti bensin habis di tengah jalan, tidak masalah jika harus mengisi bahan bakar dengan merek berbeda. Akan tetapi, haruslah selalu mengusahakan menggunakan bensi dengan oktan yang sama.

"Misalnya saja kita dihadapi kondisi darurat dimana bensin mobil habis sedangkan SPBU tempatnya jauh. Ya boleh saja jika dicampur, tidak apa-apa. Yang penting oktannya harus sama," kata Rifat Sungkar dalam acara MMKSI Virtual Interview, Kamis (9/9/2021).

Wakil Ketua Ikatan Mtor Indonesia (IMI) itu menambahkan sejumlah tips lain yang perlu diketahui oleh pemilik mobil. Seperti melakukan perawatan rutin, dan setiap pemilik mobil harus mengetahui tipe kendaraan apa yang digunakan. Karena setiap model punya cara perawatan yang berbeda-beda.

Selain itu, Rifat menganjurkan pemilik mobil agar lebih merawat kendaraannya, juga memastikan dulu mengenali jenis mobil apa yang dimilikinya, apakah jenis MPV, SUV, atau sedan. Karena semua ini memiliki perawatan yang berbeda.

Tag : #otomotif    #bensin    #mengisi bensin    #mengisi bensin sembarangan   

Baca Juga