Mobil towing.

Jangan Asal Sebut Mobil Towing dengan Mobil Derek, Ini Perbedaanya

Maraden | Otomotif | 18-11-2021

PARBOABOA – Saat mobil mogok, pilihan terbaik yang dapat dilakukan menghubungi pihak penyedia layanan towing. Namun banyak yang masih salah menyebut layayan towing dengan sebutan mobil derek. Padahal kedua istilah itu sebenarnya berbeda.

Towing berbeda dengan derek. Towing adalah kegiatan mengangkut mobil sedangkan derek adalah kegiatan menarik atau menderek mobil.

Prose towing adalah mengangkut kendaraan secara penuh keatas truk. Sedangkan derek adalah menarik mobil dengan mengangkat sedikit bagian kedua roda depannya.

Towing biasanya dilakukan untuk pengiriman mobil jarak jauh maupun dekat sesuai dengan permintaan pengirimnya. Towing adalah solusi yang tepat untuk mengirimkan kendaraan ketika Anda berada dalam situasi yang terdesak seperti banjir.

Sedangkan pada mobil derek bekerja dengan memanfaatkan alat khusus yang dipasang pada bagian belakang truk yang nantinya berfungsi untuk menarik mobil. Alat untuk menderek ini nantinya akan dikaitkan pada bagian depan mobil, agar bagian roda belakang saja yang menyentuh tanah sedangkan kedua ban depan akan terangkat. Kemudian mobil akan diderek atau ditarik ke tempat tujuan.

Pada saat penderekan tentunya harus mengaktifkan rem tangan pada mobil beban. Hal ini agar mobil beban dapat diarahkan sesuai tujuan penderekan.

Mobil derek biasanya disedikan oleh Dinas Perhubungan untuk menarik mobil-mobil yang melanggar peraturan. Misalnya seperti parkir di tempat sembarangan atau karena mengalami kecelakaan.

Sedangakn jasa towing sendiri sebagian besar dibuka oleh swasta yang membantu masyarakat untuk mengangkut mobil sesuai kebutuhan. Baik itu karena mogok, masalah banjir atau ingin memindahkan mobil ketempat yang jauh.

Ada dua jenis mobil towing, yakni towing gendong dan towing hidrolik. Pada towing gendong, mobil beban akan diangkut seperti biasa dan diletakkan di bagian belakang mobil towing. Namun jika mobil beban adalah mobil yang memiliki ground clearence yang rendah akan menjadi sulit untuk dinaikkan ke mobil towing.

Untuk mobil dengan ground clearence rendah solusinya dalah dengan menggunakan mobil towing hidrolik yang dapat menurunkan bak pengakutnya hingga sangat dekat ke permukaan tanah.

Tag : mobil towing, mobil derek, beda towing dengan derek, tips otomotif

Berita Terkait