ilustrasi

Meksiko Dihantam Badai Grace Dengan Kecepatan 200km/jam

sondang | Internasional | 21-08-2021

PARBOABOA, Meksiko - Badai Grace dengan kecepatan 200 kilometer per jam dan gelombang tinggi nyaris tiga meter menerjang negara bagian Veracruz, Meksiko.

Pada Sabtu (21/8) dini hari, Badai menghantam dekat kota resor Tecolutla di pantai Teluk Meksiko. Tak hanya itu, topan Grace pun membanjiri kawasan pesisir dengan gelombang badai laut.

Awal pekan ini, badai Grace menggempur pantai Karibia Meksiko, menyebabkan pohon tumbang dan pemadaman listrik bagi hampir 700.000 orang, namun tak menyebabkan korban jiwa. Badai juga menghantam Jamaika dan Haiti dengan hujan lebat yang belum pulih dari gempa magnitudo 7,2.

Sebelumnya, Presiden Andres Manuel Lopez Obrador telah mendesak orang-orang di lima negara bagian untuk segera mengungsi dan mencari perlindungan di tempat-tempat tinggi bersama kerabat serta di tempat penampungan yang sedang dibangun.

Ia menyampaikan di twitter bahwa ribuan pasukan perlindungan sipil, kementerian pertahanan dan angkatan laut, serta utilitas negara Commissi

Badai Grace masuk kategori 3 dari lima level skala Saffir-Simpson. Pusat Badai Nasional AS (NHC) yang berbasis di Miami memperingatkan bahaya gelombang badai bisa mencapai ketinggian 1,8 hingga 2,7 meter di atas permukaan air pasang normal.

Badai diperkirakan akan melemah saat bergerak ke barat ke pedalaman dan melewati daerah pegunungan pada Sabtu malam.

Hingga Minggu, NHC memperkirakan Topan Grace akan menimbulkan hujan deras di sebagian besar wilayah timur dan tengah Meksiko. Hujan ini kemungkinan akan menyebabkan banjir bandang di daerah dan perkotaan.

Veracruz dan kawasan perairannya adalah lokasi beberapa instalasi minyak, termasuk pelabuhan Coatzacoalcos Petroleos Mexicanos dan kilang Lazaro Cardenas di Minatitlan di selatan negara bagian itu.

Tag : #bencana-alam    #internasional   

Baca Juga