Kim Jong-un, pemimpin Negara Korea Utara.

Klaim Nihil Kasus Covid-19, Korea Utara Tolak 3 Juta Vaksin Shinovac

maraden | Internasional | 03-09-2021

PARBOABOA Korea Utara telah menolak tiga juta dosis vaksin Covid-19 yang ditawarkan sebagai jatah bagi negara tersebut. Pemeritahan korea Utara bahkan meminta jatah vaksin yang seharunys diperuntuk bagi warganya tersebut agar dialihkan untuk negara lain, demikian disampaikan PBB.

Keterangan seorang juru bicara Kore Utara seperti yang dilansir BBC, Republik Rakyat Demokratik Korea atau sering disebut Utara telah meminta agar dosis vaksin Covid-19 itu diberikan kepada negara-negara yang terkena dampak yang lebih parah, mengingat kurangnya ketersedian vaksin global.

Adapun jatah vaksin yang ditolah Korut tersebut ialah suntikan vaksin Sinovac buatan Negara China yang ditawarkan di bawah program Covax yang bertujuan untuk membantu negara-negara miskin dalam mendapatkan vaksin.

Hingga 19 Agustus, Korea Utara tidak mencatat kasus Covid-19, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO dalam laporan situasi mingguannya menulis, sekira 37.291 orang di Korut, termasuk petugas kesehatan dan mereka yang menderita penyakit mirip flu di Korea Utara telah diuji dan semuanya dinyatakan negatif Covid-19 .

Negara yang tertutup itu memberlakukan tindakan anti-virus yang ketat sejak awal bergulirnya pandemi global akibat paparan Virus Korona itu. Kore Utara adalah salah satu negara pertama yang menutup perbatasannya pada Januari tahun lalu.

Tag : #internasional    #covid19   

Baca Juga