Bank BCA resmi memblokir penggunaan kartu ATM magnetik

Resmi, Kartu ATM Magnetik BCA Diblokir Sejak Hari Ini

rini | Politik | 01-12-2021

PARBOABOA, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memblokir kartu ATM berbasis strip magnetik mulai hari ini, Rabu (1/12). Pemblokiran ini dilakukan untuk memenuhi aturan yang diterbitkan Bank Indonesia (BI) dimana setiap bank diwajibkan untuk mengganti seluruh kartu ATM magnetik dengan ATM chip.

Bagi nasabah BCA yang tidak melakukan penggantian kartu sampai Selasa (30/11) kemarin, maka secara otomatis kartu ATM milik nasabah tersebut terblokir. Pemblokiran ini berlaku untuk semua jenis kartu debit magnetik yang diterbitkan BCA mulai dari Debit BCA, Xpresi BCA, Tapres, TabunganKu, BCA Dollar, Simpanan Pelajar, hingga BCA Cash.

Sebelumnya BCA telah menerapkan tiga cara untuk mengganti kartu yaitu:

1. Datang langsung ke kantor cabang BCA

2. Melalui CS Digital BCA yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk cek lokasi silakan akses www.bca.id/csdigital. layanan ini disediakan khusus untuk kartu Debit BCA dan Xpresi BCA

3. Melalui HaloBCA di 1500888 atau melalui aplikasi mobile HaloBCA Jika menggunakan cara ini, nasabah dikenakan biaya pengiriman Rp 20.000.

Terkhusus untuk simpanan pelajar BCA mewajibkan penggantian kartu dengan datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat.

Manajemen BCA menyebutkan sudah ada 22,2 juta atau 88 persen dari total 24,8 juta kartu ATM BCA yang menggunakan chip per Oktober 2021, sisanya akan diblokir secara resmi hari ini.

Alasan Pemblokiran Kartu ATM Magnetik

Penukaran kartu ATM magnetik menjadi chip tertuang dalam Surat Edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP terkait Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit.

Aturan ini diterbitkan BI untuk karena kartu chip mempunyai tingkat keamanan yang lebih baik, sehingga dapat mengurangi resiko pencurian data secara ilegal.

Selain menghindari pencurian data, ATM chip memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar, proses transaksi lebih cepat dan memiliki proteksi ganda untuk meningkatkan keamanan bertransaksi.

Tag : #bank bca    #atm chip    #atm magnetik bca diblokir    #ekonomi    #aturan bank indonesia   

Baca Juga