Ilustrasi kapal selam

Kapal Selam AS Tabrak Benda Asing di Laut Cina Selatan

rini | Internasional | 08-10-2021

PARBOABOA, Amerika - Kapal selam nuklir Amerika Serikat (AS) USS Connecticut rusak setelah menabrak objek tak dikenal saat beroperasi di Laut Cina Selatan. Meski tak menyebabkan korban jiwa, namun beberapa awak kapal dilaporkan mengalami luka.

Dilansir dari AFP, Jumat (8/10/2021), Angkatan Laut AS mengatakan kapal selam menabrak sebuah objek saat menyelam pada 2 Oktober, ketika beroperasi di perairan internasional di kawasan Indo-Pasifik.

"Kapal selam tetap dalam kondisi aman dan stabil. Pembangkit tenaga nuklir dan ruang angkasa USS Connecticut tidak terpengaruh dan tetap beroperasi penuh," kata Angkatan Laut AS.

Insiden tabrakan tersebut tidak langsung diumumkan kepada publik karena alasan keamanan. Saat ini kapal berada di pelabuhan Guam untuk meninjau kerusakan kapal atas insiden tersebut.

Kapal selam nuklir itu beroperasi di Laut China Selatan, di mana Angkatan Laut AS telah berusaha untuk menantang klaim teritorial yang disengketakan China di kawasan itu.

Laut China Selatan menjadi perairan yang rawan akan konflik terbuka setelah China mengklaim sepihak sebagian besar teritorial itu.

Perairan LCS adalah salah satu pintu gerbang komersial yang krusial bagi sebagian besar industri logistik dunia, dan menjadi sub-wilayah ekonomi strategis di kawasan Indo-Pasifik hingga menjadi rebutan negara-negara Asia.

Tag : #internasional    #kapal selam as    #tabrakan di lcs    #laut cina selatan   

Baca Juga