Presiden menanam jagung bersama warga Papua Barat

Jokowi Bantu Warga Tanam Jagung di Papua Barat

rini | Daerah | 04-10-2021

PARBOABOA, Papua - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meninjau penanaman jagung di Kabupaten Sorong, Papua Barat, Senin, 4 Oktober 2021. Tak hanya melakukan kunjungan, Jokowi bahkan ikut menanam jagung bersama warga sekitar.

Penanaman jagung dilakukan dengan alat tanam jangung modren di lahan yang siap tanam. Penanaman jagung dilakukan bersama Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan pejabat pemerintah yang lain membantu menanam bibit jagung.

Pada kesempatan itu Jokowi mengatakan bahwa Provinsi Papua Barat merupakan daerah produser utama dalam komoditas pertanian di Indonesia Timur.

“Di Propinsi Papua Barat memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai daerah produser utama untuk komoditas pertanian di Indonesia Timur,” ujar Jokowi.

Seusai menanam benih jagung, Jokowi menikmati jagung manis rebus yang disediakan warga setempat.

Jokowi mengatakan akan terus berupaya  meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah timur Indonesia, termasuk seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat yang mempuyai lahan yang luas namun belum dimanfaatkan dengan maksimal.

Salah satunya dengan mengubah sistem tanam menjadi dua hingga tiga kali dalam setahun. Diharapkan kedepannya Papua dapat memenuhi kebutuhan pangan di daerah tersebut.

Selain itu presiden juga meminta warga terus ikut dalam program pelatihan pertanian milenial dan memanfaatkan teknologi pertanian dengan baik.

"Dengan begitu, kebutuhan pangan di Tanah Papua dapat dipenuhi dengan hasil dari Pulau Papua sendiri," imbuh Presiden Jokowi

Tag : #daerah    #papua barat    #presiden jokowi    #tanam jagung    #makan jagung   

Baca Juga