Presiden Amerika Seikat, Joe Biden.

Joe Biden Sebut Indonesia 10 Tahun Lagi Akan tenggelam

maraden | Politik | 30-07-2021

PARBOABOA, Jakarta Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan 10 tahun ke depan Indonesia akan tenggelam dan harus memindahkan ibu kotanya.

Pernyataan soal Indonesia itu disampaikan Biden saat berbicara di Kantor Direktur Intelijen Nasional, Jumat (30/7/2021), pernyataan itu disampaikan dalam sambutannya di depan para pemimpin badan intelijen di AS yang dimuat di Media resmi White House Amerika Serikat.

Biden berbicara mengenai perubahan iklim merupakan ancaman terbesar bagi AS. Biden mengatakan permukaan air laut kini terus meningkat. Dia mengungkapkan, ke depannya, akan banyak orang bermigrasi dan memperebutkan tanah yang subur. Biden mencontohkan Afrika Utara.

"Kita berada dalam situsi dimana perubahan iklim yang merupakan ancaman terbesar yang dihadapi Amerika:," kata Biden.

"Jika permukaan air laut naik dua setengah kaki lagi, maka jutaan orang yang bermigrasi akan memperebutkan tanah yang subur. Seperti yang terjadi di Afrika Utara. Ini merupakan hal yang penting. Walaupun bukan tanggung jawab Anda, tetapi anda tahu apa yang akan terjadi," tuturnya.

Biden kemudian menyinggung Indonesia. Menurutnya, jika apa yang diproyeksikan benar, maka dalam 10 tahun ke depan Indonesia harus memindahkan ibu kota karena akan tenggelam.

"Tapi apa yang terjadi - apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?" kata dia.

Tag : #tokoh    #internasional    #politik    #metropolitan    #nasional   

Baca Juga