Kelompok teroris sebar kotak amal agar dapat dana untuk pembiayaan kelompok

Jaringan Teroris Jamaah Islamiyah Sebar Ribuan Kotak Amal sebagai Sumber Dana

rini | | 21-08-2021

PARBOABOA, Jakarta - Densus 88 mengungkapkan telah menyita ribuan kotak amal milik jaringan teroris Jemaah Islamiyah dari lokasi yang berbeda-beda di sejumlah daerah.

Kotak amal tersebut menjadi sumber aliran dana untuk membiayai aktivitas terorisme.

Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Pol Aswin mengungkapkan bahwa kelompok teroris melakukan penggalangan dana dengan cara yang terlihat damai.

Bahkan dengan cara yang terlihat agamis agar tidak terlihat seperti teroris, mereka bahkan melakukan acara tabligh akbar.

 Kami mengingatkan bahwa JI sangat lihai menyesuaikan dengan kondisi keadaan yang ada. Mungkin ikut berpolitik juga menyusup ke dalam masyarakat kemudian menggunakan cara-cara yang terlihat damai dan aman seperti menggunakan kotak amal, katanya di Mabes Polri, Jumat (20/8).

Kotak amal biasanya disebar di tempat-tempat masyarakat sering berkumpul dan lalu lalang seperti supermarket, warung, bahkan tempat ibadah.

"Ada ribuan lokasi. Jadi di satu kota atau provinsi bisa seribu atau 2.000 kotak. Jadi tempatnya tersebar di mana-mana di masyarakat," kata Kombes Aswin.

Diketahui, Densus 88 telah menangkap 50 orang terduga teroris jaringan JI selama periode Agustus 2021. 

Tag : #kriminal    #hukum    #nasional   

Baca Juga