Turnamen Tetris Nenu VS Koryan dengan Skor 3-1

Inilah Sosok Nenu, Gamers Indonesia yang Mendunia Lewat Game Classic Tetris

wanovy | Teknologi | 06-08-2021

Sebagian besar orang mungkin masih belum mengenal gamer profesional asal Indonesia bernama Nenu Zefanya Kariko.

Namun, dunia telah mengenalnya melalui ajang kompetisi e-sports bergengsi game Classic Tetris, Classic Tetris World Champhionship (CTWC).

Bahkan, pria yang biasa dipanggil Nenu itu langsung menyabet peringkat empat dunia pada debutnya di gelaran CTWC 2020 lalu.

Tapi dalam cabang ini, game yang dimainkan adalah Classic Tetris versi Nintendo NES. Dibandingkan game Tetris lain, versi ini terbilang lebih sulit, apalagi jika dimainkan dalam kecepatan tinggi layaknya di kejuaraan dunia.

Nenu juga menjadi satu-satunya orang Asia dari delapan besar pemain dunia teratas yang seluruhnya berasal dari Amerika Serikat.

Tetris sendiri punya scene esports globalnya sendiri yang diisi oleh pemain-pemain dengan skill luar biasa.

Sejak tahun 2016 berkat algoritma YouTube, kejuaraan dunia Tetris dunia bernama Classic Tetris World Championships (CTWC) mendadak jadi populer.

Memang, ini bukan cabang esports dengan hadiah jutaan dolar dan dimainkan di arena besar. Tapi kemampuan para pemain ini dalam bermain Tetris ini cukup membuat kagum.

Selain itu, komunitas Classic Tetris ini juga mengadakan turnamen bulanan secara online. Tujuannya adalah untuk memberikan wadah untuk pemain di seluruh dunia agar bisa bertemu dan bermain, terutama mereka yang tidak bisa hadir di CTWC yang diadakan di Amerika.

Nenu sendiri ternyata berhasil mencapai babak final turnamen bulanan tersebut. Sayangnya ia kalah 2-3 menghadapi Jake dari Kanada.

Dan setelah menggali sedikit lebih dalam, Nenu ternyata sudah pernah menjuarai turnamen bulanan ini, tepatnya di bulan Desember 2019.

"Kalau boleh jujur, saya tidak menyangka bisa masuk ke empat besar. Awalnya, saya mengira akan sulit berjuang di kompetisi ini, namun saya ternyata berhasil melewatinya," kata Nenu.

Diketahui, awalnya ia tertarik dengan dunia e-sports Tetris dunia setelah menonton video viral yang kerap menjadi lelucon internet, yaitu "Boom Tetris for Jeff", di YouTube pada 2016 lalu.

Dari sana, ia mulai menonton seluruh video kompetisi CTWC dan bermain secara santai. Lalu, pada 2019, ia memutuskan untuk mengikuti kompetisi Classic Tetris Monthly di platform Twitch dan terus meningkatkan kemampuannya dari waktu ke waktu.

Sayangnya Nenu adalah orang yang cukup misterius karena sama sekali tidak aktif di media sosial dan tidak menyediakan email yang bisa dihubungi sehingga tidak bisa menggali informasi lebih detail lagi.

Tag : #teknologi   

Baca Juga