Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup B: Spanyol 1-0 Swedia

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup B: Spanyol 1-0 Swedia

Michael | Sepakbola | 15-11-2021

Parboaboa.com – Spanyol dipastikan lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar setelah menang tipis 1-0 saat menjamu Swedia dalam pertandingan lanjutan babak fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 grup B.

Spanyol berhasil memetik poin penuh saat menjamu Swedia di laga lanjutan Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Estadio de La Cartuja, Senin (15/11/2021) dini hari WIB. Tim Matador berhasil menundukkan lawannya dengan skor tipis 1-0.

Di pertandingan ini, Spanyol membuat enam perombakan pemain yang tampil dari tim yang terakhir kali berjumpa Yunani. Sementara itu Swedia hanya membuat dua perombakan dari tim yang sebelumnya dikalahkan Georgia.

Kedua tim saling bertukar serangan dan menciptakan sejumlah peluang. Namun hanya Alvaro Morata saja yang bisa mencetak gol di pertandingan ini dan memberikan tambahan tiga poin bagi Timnas Spanyol.

Jalannya Pertandingan Spanyol vs Swedia

Babak Pertama

Spanyol berusaha menekan lebih dahulu begitu babak pertama dimulai. Pada menit ke sembilan Pablo Sarabia mendapat peluang untuk melepas tembakan dengan kaki kirinya. Namun bola hasil tembakannya hanya meleset tipis ke samping gawang Swedia.

Pada menit ke-16, Swedia mencoba mengancam gawang dari Spanyol. Emil Forsberg berhasil melewati penjagaan dari Pau Torres di ujung kotak penalti. Ia kemudian melepas tendangan melengkung dengan kaki kirinya. Sayang, bola hasil tendangannya masih meleset tipis dari gawang.

Spanyol tidak tinggal diam, mereka mengancam pertahanan Swedia di menit ke-22. Gavi mendapat kesempatan untuk membobol gawang lawan dengan tendangan kerasnya usai mendapatkan operan dari Dani Olmo. Tetapi bola hasil sepakannya masih bisa dibelokkan oleh pemain bertahan Swedia, Joakim Nilsson.

Gantian Swedia yang memberikan tekanan kelini pertahanan Spanyol di menit ke-34. Dejan Kulusevski hampir mencetak gol dengan memanfaatkan kesalahan dari Unai Simon. Tapi untungnya sang penjaga gawang tersebut masih bisa menghalau bola lebih cepat.

Emil Forsberg mendapatkan peluang emas dimenit ke-39. Ludwig Augustinsson mengirim umpan silang dari sisi kiri ke tiang jauh. Di sana Forsberg berdiri bebas tanpa pengawalan dan melepaskan tendangan voli. Tapi sayang, bola hasil tendangan volinya masih belum bisa menggetarkan jala gawang dari Spanyol.

Pertandingan babak pertama antara Spanyol vs Swedia ini pun berakhir dengan skor 0-0.

Babak Kedua

Di babak kedua, Swedia berinisiatif untuk menekan pertahanan Spanyol. Peluang langsung didapatkan pada menit ke-48 usai Cesar Azpilicueta melakukan kesalahan saat ingin mengoper bola.

Viktor Claesson berhasil menguasai bola dan mengirimkan umpan kepada Alexander Isak. Namun bola hasil tendangan first time-nya malah melambung di atas gawang dari Unai Simon.

Menit ke-51 Spanyol mendapat peluang melalui sundulan Raul De Tomas. Namun bola masih melebar dari sasaran. Dua menit kemudian giliran Swedia yang mendapat peluang melalui Emil Forsberg. Namun bola tendangan kaki kirinya masih melambung tinggi.

Spanyol kemudian berusaha memperbaiki lini serangnya. Alvaro Morata pun masuk menggantikan Pablo Sabaria sementara Rodrigo masuk menggantikan Raul De Tomas.

Kedua tim kemudian saling bertukar serangan. Beberapa peluang tercipta. Namun belum ada gol yang tercipta sampai pada menit ke-85. Pertandingan pun tampak akan berakhir imbang.

Namun pada menit ke-86, suara penonton di stadion akhrinya bergemuruh. Spanyol berhasil mencetak gol. Alvaro Morata yang baru masuk dibabak kedua mampu menjebol gawang Swedia setelah berhasil memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Dani Olmo yang mengenai mistar gawang. Skor 1-0 Spanyo unggul.

Pertandingan pun mendapatkan waktu tambahan hingga empat menit. Namun sampai waktu itu berakhir tak ada lagi gol tercipta. Spanyol berhasil menang tipis 1-0 atas Swedia. 

Dengan kemenangan ini Spanyol dipastikan semakin kokoh di pucuk klasemen Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan raihan 19 poin dan berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sementara, Swedia tertahan di peringkat kedua Klasemen dengan torehan 15 poin dari delapan pertandingan dan harus mengikuti babak playoff untuk bisa ke Piala Dunia 2022 di Qatar.
 

Tag : #hasil pertandingan    #kualifikasi piala dunia 2022    #spanyol    #swedia    #alvaro morata   

Baca Juga