Ilustrasi Pencarian Instagram

Fitur Pencarian Instagram Bakal Mirip TikTok

wanovy | Teknologi | 29-08-2021

Instagram berencana menambah fitur baru untuk fungsi pencarian di jejaring sosialnya. Seperti TikTok, hasil pencarian nantinya akan turut menampilkan posting foto dan video, tak hanya akun dan hashtag saja.

Perubahan ini menandakan bahwa Instagram bakal makin mirip dengan platform video pendek asal China, TikTok.

"Perubahan ini adalah bagian dari serangkaian peningkatan yang dirancang untuk inspirasi dan penemuan," ungkap Bos Instagram, Adam Mosseri, dikutip dari The Verge, Minggu (29/8/2021).

Instagram sendiri telah menggunakan pencarian berdasarkan kata kunci sebagai cara untuk menawarkan hasil konten visual seperti foto.

Dilansir dari blog resmi Instagram, peningkatan fitur pencarian ini masih terfokus pada keyword dengan bahasa Inggris, tetapi nantinya akan diperluas ke lebih banyak bahasa.

Jadi misalnya jika pengguna memasukan keyword Space nantinya bisa mendapatkan hasil pencarian berupa foto dan video yang berkaitan dengan luar angkasa berserta akun, tag, dan tempat yang berkaitan dengan keyword tersebut.

Belum diungkapkan kapan fitur ini akan mulai diimplementasikan sehingga pengguna Instagram akan mulai bisa melihat posting foto dan video di hasil pencariannya.

Mosseri turut menjelaskan mekanisme pencarian Instagram yang menurut dia disusun berdasarkan relevansi terhadap pengguna.

Terdapat tiga kriteria yang dipakai untuk menentukan tingkat relevansi tersebut, yakni kesesuaian dengan kata kunci pencarian, aktivitas pengguna seperti akun dan hashtag mana saja yang diikuti, serta popularitas suatu akun, tagar, atau tempat.

Tag : #teknologi   

Baca Juga