Test Kecepatan 5G Telkomsel Di Jakarta

Fakta Menarik Jaringan 5G, Kecepatan Hingga 20 Gbps

maraden | Teknologi | 02-07-2021

Indonesia telah resmi menggelar jaringan 5G melalui perusahaan operator seluler Telkomsel dan Indosat. Telkomsel telah menggelar jaringan 5G pada Mei lalu (27/5). Selain itu, terdapat operator komunikasi lainnya, yakni Indosat yang baru saja secara resmi merilis layanan 5G pada pekan lalu (14/6). Jaringan 5G Indosat saat ini telah hadir di lima kota di Indonesia, yakni Solo, Jakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Makasar. Sedangkan 5G milik Telkomnsel telah terlebih dahulu hadir di beberapa kota di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Surabaya, Makassar,Bali, Batam,Medan, Solo, Balikpapan, dan Bandung.

Selain kedua operator tersebut disebut sebut bahwa Smartfren Telecom Juga akan ikut meramaikan dunia 5G di Indeonesia dikarenakan provider satu ini juga memenangkan sebesar 10 MHz pita 2,3 GHz sama seperti yg dimiliki Telkomsel. Indosat sendiri mengoperasikan 5G di pita 1,8 GHz.

Setidaknya terdapat tiga perbedaan mendasar antara jaringan 5G dengan jaringan sebelumnya yakni 4G. Perbedaaan pertama terletak pada kecepatan. Di 5G, speednya bisa 10 - 100 kali lipat dibandingkan 4G, Jadi speednya sangat luar biasa sampai 10 Gbps. Dengan kecepatan tersebut, memungkinkan akan adanya aplikasi-aplikasi baru yang sebelumnya tidak dapat ditunjang oleh jaringan 4G.

Berikutnya terletak pada perbedaan letensi. Latensi merupakan waktu yang dibutuhkan data dari tempatnya berasal untuk sampai ke tempat tujuannya yang diukur dalam satuan millisecond( seperseribu detik). Semakin besar latensi maka semakin besar kemungkinan terjadi delay antara satu perangkat dengan yang perangkat lainnya. Latensi di 5G network itu 1 mili second, jadi dibandingakan latensi rata-rata di 4G kira-kira 100-200 mili seconds.

Kecepatan jaringan 5G yang sudah lebih dahulu ada di beberapa negara, menarik perhatian masyarakat Indonesia. Korea Selatan dan Taiwan menjadi dua negara di dunia yang memiliki kecepatan internet 5G yang Paling kencang.

Setelah lama menunggu, akhirnya jaringan 5G kini hadir di Indonesia. Beberapa perusahaan kartu seluler sudah mendapat izin untuk mengkomersilkan jaringan 5G ini di Indonesia.

Berikut beberapa fakta jaringan 5G yang perlu kamu ketahui.

1. Latensi super rendah atau ultra low latency

Bagi sebagian orang, rasanya latensi jadi istilah yang kurang umum di dengar. Namun, pada jaringan 5G, istilah ini begitu sering disebut. Secara sederhana, latensi adalah waktu yang dibutuhkan data dari tempatnya berasal untuk sampai ke tempat tujuannya yang diukur dalam satuan mili detik. Latensi sebenarnya tidak ada bedanya dengan istilah delay.

2.Tidak langsung menggantikan jaringan 4G

Penerapan 5G yang begitu baru di Indonesia tidak akan langsung bisa menggantikan jaringan 4G. Hal ini dikarenakan jaringan 5G Membutuhkan jaringan sinyal 4G dalam operasinya, dengan kata lain 5G dan 4G addalah kesatuan yang tidak dapat dipisah.

3. Kecepatan internet hingga 20 Gbps

Memiliki kecepatan internet hingga 20 Gbps, tentu begitu diidamkan seluruh masyarakat Indonesia. Kecepatan internet yang begitu tinggi akan sangat membantu berbagai aktivitas masyarakat.

Teknologi Sub-6 GHz biasa digunakan untuk daerah pedesaan dan pinggiran kota, sedangkan untuk mmWave menjadi teknologi yang begitu cocok diterapkan di wilayah perkotaan.

4. Jaringan 5G aman digunakan

Awal kemunculannya di beberapa negara, jaringan 5G tidak lepas dari berbagai isu miring yang merebak, salah satunya radiasi yang lebih besar dari pemakaian jaringan 5G. Namun, hal tersebut dibantahkan oleh penelitian yang dilakukan Howard Jones ahli teknologi dari Inggris.

5. Sudah digunakan di 60 negara

Indonesia terbilang negara yang terlambat menerapkan jaringan 5G. Ini karena sejak 2019 lalu, beberapa negara sudah lebih dahulu menggunakan jaringan 5G dan tercatat sudah ada 60 negara yang menggunakan jaringan 5G dan diperkirakan akan terus bertambah.

Tag : #teknologi    #nasional   

Baca Juga