SPBU yang mengutip tarif toilet ditentang oleh Erick Thohir.

Erick Thohir Sentil Ahok Yang Masih Kutip Tarif Toilet di SPBU

Maraden | Politik | 23-11-2021

PARBOABOA, Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir menyentil Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaya Purnama a.k.a Ahok. Thohir meminta jajaran direksi Pertamina agar mengeratiskan seluruh toilet di semua SPBU Pertamina, baik yang dikelola langsung maupun yang dikelola dengan kerjasama pihak swasta.

Hal itu diungkapkan Thohir lewat unggahan di media sosial Intagram miliknya @erickthohir, Selasa, 23 November 2021.

“Direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini (toilet) harusnya gratis, karena kan sudah dapat keuntungan dari penjualan bensin dan ada juga toko kelontongnya. Jadi masyarakat mestinya mendapatkan tambahan fasilitas,” tulis Erick Thohir.

Thohir mengaku mengeluarkan unek-uneknya tersebut berawal dari keheranannya saat berada di  SPBU Pertamina di Probolinggo. Ia mengaku baru mengetahui kalau penggunaan fasilitas toilet umum di SPBU dikenakan tarif mulai dari Rp2.000 sampai Rp4.000.

Untuk itu, Erick pun menegaskan, dan meminta jajaran Direksi Pertamina untuk menggratiskan fasilitas toilet di seluruh SPBU Pertamina. Di akun Instagramnya, Erik menunjukkan video dirinya saat berbincang dengan penjaga toilet di SPBU tersebut.

"Kalau yang mau pakai bayar Rp2 ribu kalau kencing dan mandi Rp4 ribu. Kenapa enggak gratis ini? Kan fasilitas umum," ujar Erick ke penjaga toilet SPBU tersebut.

‘Pawang’ toilet itu kemudian mengaku tidak tahu menahu terkait retribusi, karena hanya melaksanakan perintah yang ditugaskan oleh pengelola SPBU.

Langkah Erick Thohir untuk menggratiskan toilet SPBU mendapat dukungan publik. Tak sedikit yang memuji kinerja Erick Thohir.

Salah satu yang merespons hal itu, yakni pengamat transportasi Djoko Setidjowarno. Peneliti dari Masyarakat Transportasi Indonesia itu  menyebut mendukung instruksi Menteri BUMN Erick Thohir, yang meminta toilet-toilet di semua SPBU Pertamina tidak berbayar atau gratis.

“Itu bagus, tapi harus bersih dan terawat toiletnya,” ujar Djoko di Jakarta, Selasa, 23 November 2021.

Namun menurut Djoko hal yang terpenting ialah keberdihan dari toilet adalah yang utama. Dia juga mengaku tidak keberatan apabila harus membayar asalkan toilet umum di SPBU Pertamina itu bersih, bagus dan dalam kondisi terawat dengan baik.

Tag : erick thohir,ahok,spbu,pertamina,toilet,pom bensin,buang air besar 4000, toilet

Berita Terkait