Kerumunan Nasabah yang mendatangi kantor Yayasan Sari Asih Nusantara

Dana Macet Yayasan Sari Asih

rini | Ekonomi | 01-07-2021

Yayasan Sari Asih Nusantara merupakan salah satu koperasi simpan pinjam yang beroperasi penuh di Sumatera Utara dan telah membuka cabang di berbagai kota dan kabupaten salah satunya di Pematangsiantar. Salah satu layanan yang di kelola yaitu dana sekolah.

Namun Yayasan Sari Asih mendadak menjadi sorotan karena dana macet yang menyebabkan ratusan nasabah mengamuk dan meneriaki pegawai yayasan di depan kantor yang berlokasi di Kecamatan Siantar Simarimbun pada selasa (29/06). Para nasabah meminta agar dana yang telah mereka setorkan selama bertahun-tahun dapat segera di cairkan.

Salah seorang nasabah Yanti Marpaung menyebutkan bahwa dirinya telah menabung selama 5 tahun dengan total simpanan lebih dari 30 juta yang akan di pakai untuk biaya sekolah lanjutan anak.

Pihak yayasan sendiri di ketahui telah melakukan banding di Pengadilan Niaga untuk penundaan kewajiban  pembayaran utang (PKPU) karena alasan pailit. PKPU merupakan suatu masa yang diberikan oleh undang-undang melalui putusan hakim niaga di mana dalam masa tersebut kepada pihak kreditur dan debitur diberikan kesempatan untuk memusyawarahkan cara-cara pembayaran seluruh atau sebagian utangnya, termasuk apabila perlu untuk merestrukturisasi utangnya tersebut.

Kuasa hukum Yayasan Sari Asih Nusantara dalam pernyataannya mengungkapkan, bahwa utang jatuh tempo yang harus dibayarkan berkisar 87,5 miliar. Yang merupakan dana dari kurang lebih 30.000 nasabah. Namun data real akan di verifikasi setalah pencocokan data, pungkasnya. 

Tag : #nasional   

Baca Juga