Tangkapan layar anak-anak tangkap buaya di Labura

Viral, Bocah di Labura Tangkap Buaya dengan Tangan Kosong

rini | Daerah | 10-11-2021

PARBOABOA, Labura - Sebuah video yang diunggah akun Instagram @sumut.terkini menggemparkan dunia maya. Video tersebut menunjukkan aksi beberapa anak laki-laki menangkap seekor buaya dengan tangan kosong.

Dalam keterangan video, peristiwa itu terjadi di aliran sungai di Dusun III, Parit Minyak, Desa Aek Korsik, Kecamatan Aek Kuo, Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara (Sumut).

Awalnya buaya terlihat muncul saat anak-anak tersebut sedang bermain. Mereka kemudian langsung menangkap buaya itu menggunakan tangan kosong. Seorang anak bahkan berani mengikat mulut buaya yang berukuran kira-kira satu meter tersebut.

Setelah diikat, anak tersebut kemudian menyeret dan melepaskan buaya itu ke dalam sungai yang berada tak jauh dari lokasi penangkapan.

Namun aksi tersebut sangat disayangkan karena tindakan anak-anak dalam video tersebut terjadi tanpa pengawasan. Terlebih lagi buaya tersebut dilepas di wilayah yang dekat dengan pemukiman penduduk.

Tanggapan BBKSDA

Kepala Seksi Konservasi BBKSDA Wilayah III Kisaran Alfianto Luat Siregar mengatakan buaya yang ditangkap bocah tersebut berjenis Buaya Senyulong atau buaya ikan yang memang berhabitat di daerah tersebut.

Menurut Alfianto selama ini Buaya Senyulong belum pernah menyerang masyarakat di sana. Pasalnya buaya tersebut pemakan ikan yang hidup di sungai.

"Jenis Buaya Senyulong belum pernah menyerang manusia. Buaya tersebut dilindungi sesuai PermenLHK No. 106/2018. Kita juga sudah sering kita ke sana. Koordinasi dengan BPBD dan Polsek terkait satwa liar dilindungi," ungkapnya.

Alfianto menduga, buaya tersebut naik ke permukaan karena saat ini musim penghujan menyebabkan debit air sungai meningkat. Namun dia mengingatkan warga untuk lebih waspada pada musim hujan seperti sekarang ini.

Tag : #viral    #labura    #anak tangkap buaya    #buaya ditangkap    #daerah   

Baca Juga