Kuota internet pelajar akan dicairkan Kemendikbud mulai September

Akan Cair September, Dana Kuota Internet Untuk Pelajar Sebesar Rp2,3 T

rini | Ekonomi | 13-08-2021

PARBOABOA, Jakarta Bulan September mendatang, Pemerintah memastikan bantuan kuota untuk pelajar akan mulai dicairkan. Pemerintah akan melanjutkan proses distribusi tambahan bantuan kuota data internet senilai Rp2,3 triliun bagi 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen.

Bantuan kuota data internet akan kembali disalurkan pada tanggal 11-15 September, 11-15 Oktober, dan 11-15 November 2021, dan berlaku selama 30 hari sejak diterima.

Plt Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendikbud-Ristek, M Hasan Chabibie, telah menginstruksikan kepada setiap satuan pendidikan untuk memutakhirkan data calon penerima bantuan, khususnya untuk termin 2 (September - Desember 2021).

Berdasarkan data penerima pada termin sebelumnya, telah diperkirakan kisaran jumlah penerima bantuan. PAUD 1,5 juta penerima, SD - SMK 20,5 juta, dosen dan mahasiswa sebanyak 3,2 juta dan guru 1,5 juta penerima.

Selain itu beasiswa untuk peserta didik miskin yang diberikan kepada 10 ribu anak sebesar Rp 1 juta per tahun, juga diharapkan bisa membantu pengadaan sarana teknologi tersebut, di luar bantuan kuota dari pemerintah.

Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Baik Danang Hidayatullah mengungkap bahwa guru diharapkan dapat bersikap adaptif dan meningkatkan kemampuan diri di tengah masa pandemi. Tantangan mengajar di masa pandemi harus memanfaatkan teknologi di tengah pembatasan aktivitas.

Gubernur Kep. Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, yang bergabung dalam diskusi mengaku pemerintah daerah juga turut andil dalam pelaksanaan PJJ. Misalnya saja guru di wilayahnya mendapatkan pembelajaran dan pelatihan pengajaran secara inovatif dan kreatif secara berkala.

Sedangkan Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemprov Jateng, Yuni Astuti, menyatakan dana BOS di sebagian sekolah Jawa Tengah telah digunakan untuk pengadaan telepon genggam yang dipinjamkan kepada murid yang membutuhkan.

Tag : #pendidikan   

Baca Juga