Ilustrasi

Adobe Rilis Extensi untuk Edit File PDF di Browser

Wanovy | Teknologi | 14-10-2021

Baru-baru ini kabar menarik datang dari Adobe, dimana setelah sekian lama akhirnya mereka merilis sebuah extensi resmi yang menawarkan fitur Edit file PDF secara langsung di browser.

Seperti diketahui, biasnya saat membuka file PDF lewat peramban web, pengguna hanya dimungkinkan untuk melihat dan mengunduh file PDF itu saja. Pengguna juga tidak bisa mengedit file PDF tersebut, kecuali mereka menggunakan software khusus seperti Adobe Acrobat.

Kini Adobe telah merilis extensi Adobe Acrobat gratis untuk semua pengguna peramban Google Chrome dan Microsoft Edge.

Sesuai dengan namanya, extensi ini akan berfungsi sama seperti aplikasi Adobe Acrobat yang akan menampilkan sejumlah fitur umum untuk membuka file PDF, menambahkan komentar, dan lain sebagainya, dan tentu itu sebuah dilakukan secara langsung didalam browser melalui extensi ini.

Pengguna juga bisa menambahkan tulisan pada file PDF yang sudah dibuka, mengunduh atau mencetaknya, mencantumkan tanda tangan elektronik, dan lain sebagainya, tanpa memerlukan aplikasi tambahan.

Hal ini tentu akan memudahkan pengguna, apabila mereka dikirimi file dalam format PDF dan harus mengedit file tersebut. Misalnya ketika mereka diminta untuk mengisi formulir, menandatangani surat kontrak, membuat catatan penting, menulis laporan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, meskipun hadir sebagai extensi gratis, bagi Anda yang memiliki langganan Adobe Acrobat Pro DC, Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak fitur lainnya, seperti melakukan konversi dari PDF ke Word, konversi dari halaman Web ke PDF, melakukan Rotate, dan lain sebagainya.

Untuk bisa menikmati fitur-fitur tersebut, Anda harus mengaktifkan extensi Adobe Acrobat terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya seperti dikutip dari Blog Adobe, Kamis(14/10/2021).

1. Buka browser Google Chrome melalui PC Desktop/Laptop.

2. Kunjungi halaman “Chrome Web Store” di tautan ini untuk men-download extensi Adobe Acrobat.

3. Klik tombol “Add to Chrome” untuk menambahkan extensi Adobe Acrobat.

4. Klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan, disamping foto profil akun Gooogle Anda. Kemudian, pilih opsi “More Tools”, lalu klik “Extensions”.

5. Anda akan melihat extensi Adobe Acrobat yang sudah Anda tambahkan tadi.

6. Untuk mengaktifkannya, geser toggle extensi Adobe Acrobat ke arah kanan.

7. Tunggu hingga extensi Adobe Acrobat sudah berhasil diunduh sepenuhnya.

8. Jika sudah selesai, ikon Adobe Acrobat akan muncul di pojok kanan atas halaman web secara otomatis.

Tag : #teknologi    #pdf adobe    #acrobat   

Baca Juga