Manfaat Jamur (Foto: Istimewa)

7 Manfaat mengonsumsi Jamur untuk Kesehatan

Martha | Kesehatan | 04-01-2022

PARBOABOA - Untuk pecinta jamur kalian pasti akan senang mendengar kabar ini, ternyata mengonsumsi jamur dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain rasanya yang enak jamur mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Jenis jamur ada banyak dalam berbagai bentuk, warna dan ukuran. Tetapi kita harus tau juga mana jamur yang beracun, apabila kita memakan jamur yang beracun maka dapat mengakibatkan masalah kesehatan dan bisa berakibat fatal. Jamur yang dapat dikomsumsi seperti jamur kancing, jamur kuping, shiitake, tiram, enoki, dll.

Ternyata selain memiliki nutrisi, jamur juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat dari mengonsumsi jamur.

1. Mencegah kanker

Jamur mengandung antioksidan tinggi, yang berfungsi untuk pelindung tubuh dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, jamur juga mengandung beta glucan yang dapat mencegah kanker, seperti kanker usus besar dan kanker serviks.

2. Menjaga kesehatan jantung

Ternyata kandungan antioksidan dan beta glucan banyak manfaatnya bukan hanya mencegah kanker ternyata dapat juga mencegah penyakit jantung. Vitamin B yang ada didalam jamur juga dapat menjaga kesehatan jantung.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Beta glucan juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jamur ternyata mempunyai sumber prebiotik yang baik untuk sumber pencernaan dan menghambat pertumbuhan patogen penyebab penyakit.

4. Menjaga kesehatan otot dan saraf

Kandungan lainnya yang terdapat dalam jamur adalah kalium. Kandungan ini dapat membantu otot dan saraf bekerja. Selain itu, jamur juga mengandung tembaga yang berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf.

5. Menurunkan risiko diabetes

Karena kandungan serat yang tinggi, jamur dapat bermanfaat dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, jamur juga dapat membantu Anda mengontrol dan menurunkan berat badan.

6. Menurunkan kadar kolestrol dalam darah

Penelitian menunjukkan bahwa beta glucan dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah, meski dalam jumlah yang kecil. Selain itu, kalium juga dapat menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dalam darah.

7. Menjaga kesehatan tulang

Beberapa jenis jamur dibudidayakan dengan menggunakan sinar UV untuk meningkatkan kandungan vitamin D di dalamnya. Vitamin D sendiri merupakan nutrisi yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Itu dia beberapa manfaat dari mengkonsumsi jamur. Memang tidak dapat dipungkiri jika rutin mengkonsumsi makanan yang bayak mengandung nustrisi dan vitamin memang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Tag : #jamur    #nutrisi    #vitamin    #kesehatan   

Baca Juga