ilustrasi

5 Minuman Ini Baik Untuk Redakan Nyeri Haid

Sondang | Selera Nusantara | 09-10-2021

PARBOABOA, Siantar – Saat memasuki hari pertama menstruasi, perut wanita akan merasakan keram yang sangat luar biasa. Penyebab perut sakit saat haid umumnya berasal dari dismenore primer akibat peningkatan hormon prostaglandin. Hormon yang dikeluarkan rahim ini menyebabkan kontraksi dan menekan pembuluh darah di sekitarnya. Saat terjadi kontraksi, pasokan darah ke rahim untuk sementara terhenti.

Jika Anda merasakan nyeri haid yang mengganggu, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meringankan keluhan tersebut, antara lain:

- Memberikan kompres hangat di perut bagian bawah yang terasa nyeri atau kram

- Memperbanyak aktivitas fisik atau olahraga

- Melakukan teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, dan latihan pernapasan

- Membatasi konsumsi makanan berlemak dan minuman yang mengandung kafein serta alkohol

- Mengurangi stres

- Menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti paracetamol

Selain itu, kamu bisa mengobatinya dengan rekomendasi minuman ini. Yuk simak kelanjutannya!

1. Air Putih

Selain memenuhi kebutuhan cairan Anda, minum air putih yang banyak juga dapat mengurangi rasa nyeri pada perut Anda.

Selain itu, air juga menjaga tubuh Anda dari kembung yang bisa membuat perut sakit ketika menstruasi.

Nyeri atau kram perut saat menstruasi terjadi karena adanya kontraksi otot rahim untuk meluruhkan lapisannya yang telah menebal.

Meminum air putih hangat selama selama haid berlangsung bisa membantu meringankan nyeri saat haid karena air hangat dapat meningkatkan aliran darah ke kulit Anda dan dapat merilekskan otot rahim yang kram.

2. Kuyit Asam

Minuman pelancar haid yang penting diketahui pertama adalah kunyit asam. Saat haid otot-otot rahim cenderung mengalami kontraksi, hal ini tentu saja menimbulkan rasa sakit atau perasaan tidak nyaman. Bahkan bagi beberapa perempuan, hal ini dapat mengganggu aktivitas.

Untuk mengurangi kram, ada baiknya mencoba minum jamu kunyit asam menjelang menstruasi. Kandungan aktif kurkumin berfungsi sebagai inflamasi yang mampu menenangkan kontraksi.

Selain perut, tubuh juga akan terasa nyeri. Sifat analgesik pada kunyit dapat mengurangi nyeri pada bagian tubuh. Kandungan kurkumin akan menghambat produksi prostaglandin, hormon penyebab peradangan dan nyeri.

3. Teh Kayu Manis

Minuman yang berbahan dasar kayu manis juga baik diminum saat haid. Sebuah penelitian dari Alexandria University menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang diderita ketika menstruasi datang.

Nah, selain menambahkannya dalam masakan Anda, kayu manis bisa dijadikan sebagai teh untuk Anda konsumsi pada sore hari. Kayu manis dapat membantu mengurangi perdarahan menstruasi, mual, nyeri, hingga muntah-muntah.

4. Cokelat Panas

Dilansir dari boldsky, kandungan kafein dan gula dalam cokelat ternyata sangat aman untuk dikonsumsi ketika siklus haid datang. Cokelat mengandung kadar kalsium yang dapat membantu menyembuhkan kram di perut. Selain itu juga cokelat cocok sebagai cara tepat untuk memperbaiki mood atau suasana hati di kala haid.

5. Jus Pisang

Kandungan pisang yang kaya akan vitamin B dapat membantu melawan PMS dan nyeri haid. Kamu juga bisa menambahkan bahan ini dengan campuran susu kedelai atau yogurt untuk menambahkan sedikit kalsium, kemudian taburkan beberapa kacang mede, yang kadar magnesiumnya juga akan mengurangi kram di perutmu.

Tag : #selera nusantara    #haid    #menstruasi    #prostaglandin    #rahim    #minuman   

Baca Juga