Ilustrasi tips memilih laptop gaming terbaik dan berkualitas

10 Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik dan Berkualitas yang Wajib Kamu Perhatikan

Wanovy | Teknologi | 14-01-2022

PARBOABOA - Membeli laptop gaming mungkin merupakan keputusan yang besar, dan ada banyak pilihan untuk dipertimbangkan. Panduan ini akan menjelaskan dasar-dasar, dan membantu kamu menemukan laptop gaming terbaik.

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli laptop gaming, berikut ini ada beberapa tips memilih laptop gaming sebelum membelinya. Apa saja yang perlu diperhatikan? Yuk simak informasi berikut ini.

1. Tentukan dana/budget

Sebelum membeli, tips memilih laptop gaming yang paling utama adalah mempersiapkan dananya terlebih dulu. Dana untuk membeli laptop gaming cukup tinggi. Umumnya mulai 10 jutaan ke atas. Nah, jika kamu punya estimasi dana dibawah Rp10 juta sebaiknya pikir-pikir dulu. Kalau tidak menabunglah terlebih dulu.

Jika kamu tidak mempermasalahkan dana untuk membeli laptop gaming, maka poin ini tidak perlu kamu perhatikan. Tentu saja karena kamu bisa memilih laptop gaming terbaik dan sesuai dengan kebutuhanmu tanpa memperhitungkan harga.

2. Perhatikan merek laptop

Kalau bicara tentang merek, banyak sekali merek laptop gaming yang berada di pasaran, mulai dari ASUS, MSI, HP Pavilion, dan masih banyak lagi. Merek yang kamu pilih akan berpengaruh pada harga dan layanan pelanggan setelah membeli laptop.

Pastikan kamu memilih merek laptop yang benar-benar bagus. Tips memilih laptop gaming untuk kamu: bandingkan harga laptop dengan spesifikasi yang hampir sama di berbagai merek.

3. Layar

Mentukan ukuran bentang layar laptop yang akan kamu beli merupakan tips memilih laptop gaming. Besarnya layar laptop gaming nantinya akan mempengaruhi pengalaman bermain kamu. Ada baiknya kamu memilih laptop dengan ukuran minimal 14 inci dengan resolusi layar full HD untuk mendapatkan pengalaman gaming yang compact dan nyaman.

4. Prosesor

Setelah layar, tips memilih laptop gaming selanjutnya adalah dengan memperhatikan prosesor. Pastikan laptop gaming yang kamu beli memiiki prosesor Core i5 ke atas kalau menggunakan prosesor Intel.

Perlu diketahui, pilih juga prosesor versi “M”, bukan versi “U” mengingat jenis “U” biasanya diperuntukkan kegiatan non-gaming.

Kamu juga harus perhatikan kecepatan prosesor yang disebut dalam satuan GHz. Biasanya, semakin tinggi angka GHz ini, pasti semakin cepat pula kinerja laptop gaming. Semisal kamu cuma memiliki dana terbatas, laptop gaming berprosesor Intel Core i5 generasi Skylake juga bisa jadi alternatif kok.

5. Kartu Grafis atau VGA

Memilih kartu grafis (graphic card /VGA) sangat berpengaruh kepada tampilan dan kualitas disaat kita memainkan game, khususnya untuk game-game skala berat.

Untuk memastikan tidak salah pilih, pastikan kamu membaca atau mencari tahu terlebih dahulu review-review dari tipe kartu grafis pada laptop gaming yang ingin kamu beli. Kartu grafis dari NVIDIA ataupun AMD adalah yang paling banyak peminatnya, karena kinerjanya baik dan harganya cukup lebih murah.

6. Perhatikan Ukuran RAM

Tips memilih laptop gaming yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan ukuran RAM. Pilih laptop gaming dengan kapasitas RAM yang besar, misal 4GB keatas. RAM yang besar juga sangat berpengaruh pada kelancaran, dan juga menunjang kinerja laptop saat digunakan.

Jika kapasitas RAM masih dibawah 4GB lebih baik pikir – pikir dahulu sebelum membelinya. Namun juga perhatikan sebelum membeli, apakah laptop tersebut RAM nya bisa di upgrade atau tidak.

Karena jika bisa di upgrade, bilamana suatu saat kamu merasakan bahwa RAM yang sudah ada di laptop kamu itu kurang, bisa ditambah lagi.

7. Perhatikan Kapasitas HDD atau SSD

Memilih kapasitas HDD atau SSD yang tepat adalah salah satu tips memilih laptop gaming yang harus kamu perhatikan. Semurah apa pun laptop untuk gaming, pastikan kamu memilih kapasitas penyimpanan lebih dari 500 GB. Semakin besar kapasitasnya, pastinya kamu bisa semakin banyak menyimpan game yang diinginkan.

Selain itu, perhatikan juga apakah kamu ingin memakai HDD atau SSD. HDD sendiri tentu lebih murah dibandingkan SSD. Tapi, kalau kamu memilih SSD, kecepatan proses data sudah pasti lebih cepat dan tentunya lebih mahal harganya.

Ada baiknya kalau kamu memilih HDD terlebih dahulu dan kalau sudah memiliki budget yang cukup kamu bisa meningkatkannya ke lebih besar atau menambahkan SSD. Berbeda kalau kamu memang ingin tetap memilih SSD, pastikan budget kamu mencukupi, karena SSD sendiri memiliki kapasitas yang lebih kecil tapi performanya lebih cepat.

8. Sistem pendinginan laptop

Kalau main game dalam waktu yang lama, laptopmu bakal panas. Panas inilah yang menjadikan hardware di laptop kamu gampang rusak. Laptop gaming yang bagus memiliki sistem pendinginan yang bagus, setidaknya memiliki dua kipas untuk mendinginkan hardware yang ada di dalam laptop.

Biasanya, ventilasi laptop berada di samping atau di belakang laptop sehingga kamu gak bakal terganggu dalam bermain.

9. Keyboard

Untuk tips memilih laptop gaming selanjutnya adalah memperhatikan keyboard yang ada pada laptop gaming. Pilihlah laptop gaming yang memiliki keyboard dengan backlit.

Perhatikan juga apakah keybord tersebut cocok untuk kamu saat main game atau tidak. Jika kamu membeli di ritel, sebaiknya cobalah telebih dahulu keyboard pada laptop tersebut. Jika dirasa nyaman saat ditekan tuts-nya, maka pilihlah laptop tersebut.

10. Memiliki banyak port

Saat hendak membeli laptop gaming, pilihlah laptop yang memiliki pilihan port yang banyak. Contoh tipe-tipe port seperti USB 2.0 dan USB 3.0 port. Tentu port HDMi dan D-SUB juga perlu dicek. Siapa tahu kamu akan menghubungkan laptop gaming kamu dengan monitor yang lebih lebar. Kalau ada port thunderbolt di laptop tersebut dan kamu membutuhkannya, jangan ragu untuk membelinya.

Cukup banyak bukan? Maka dari itu jangan sampai salah pilih laptop gaming ya. Demikianlah tips memilih laptop gaming terbaik dan berkualitas yang wajib kamu tahu sebelum membeli.

Tag : #tips    #laptop    #membeli laptop    #laptop gaming   

Baca Juga