Poster Gemastik XIV 2021.

10 besar Kampus pemenang Kompetisi Teknologi Informasi Gemastik 2021

Maraden | Pendidikan | 08-10-2021

PARBOABA, Jakarta - 230 tim dari 67 perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar di LLDIKTI Wilayah I – XVI telah mengikuti Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Gemastik) Tingkat Nasional yang digelar secara daring sejak 4 hingga 7 Oktober. Kompetisi itu pun telah resmi berakhir pada Kamis (7/10/2021).

Gemastik mempertandingkan 11 kategori lomba, yaitu pemrograman (Programming), keamanan siber (Cyber Security), penambangan data (Data Mining), desain pengalaman pengguna (UX Design), animasi (Animation), kota cerdas (Smart City), dan karya tulis ilmiah tik (ICT Scientific Paper).

Selain kategori tersebut, juga digelar pula kompetisi pengembangan perangkat lunak (Software Development), piranti cerdas, sistem benam & IoT (Smart Device, Embedded System & iot), pengembangan aplikasi permainan (Game Development), Ekshibisi E-Sport dan Poster (kategori tambahan di tahap final).

Dalam sambutanya secara daring, Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendibud Ristek, Prof. Nizam mengatakan, program Gemastik ini merupakan satu festival yang sangat penting untuk mengakselerasi dan memotivasi mahasiswa agar semakin mencintai dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi.

"Saya sangat bangga dengan karya adik-adik mahasiswa. Kami yakin ke depan adik-adik dapat memanfaatkan dan memajukan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Saya ucapkan selamat dan sukses untuk para pemenang. Berbagai kreativitas kita lihat, bagi yang belum mendapatkan kemenangan, masih banyak kesempatan dan peluang lain. Jangan patah semangat dan terus mengembangkan diri," ungkap Dirjen Dikti Prof. Nizam. Kamis (7/10/2021).

Institut Teknologi Sepuluh Nopember keluar sebagai juara umum dalam ajang Gemastik tahun ini, dengan raihan 2 emas, 2 perak, 5 perunggu, dan 4 honorable. Berikut ini 10 kampus dengan raihan medali terbanyak di ajang Gemastik 2021.

10 besar Juara Teknologi Informasi dan Komunikasi Gemastik 2021:

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember: 2 emas, 2 perak, 5 perunggu, 4 honorable
  2. Institut Teknologi Bandung: 2 emas, 0 perak, 2 perunggu, 0 honorable
  3. Universitas Telkom: 1 emas, 2 perak, 1 perunggu, 1 honorable
  4. Universitas Bina Nusantara: 1 emas, 0 perak, 0 perunggu, 2 honorable
  5. Universitas Pelita Harapan: 1 emas, 0 perak, 0 perunggu, 0 honorable
  6. Institut Teknologi Telkom Purwokerto: 1 emas, 0 perak, 0 perunggu, 0 honorable
  7. Universitas Lambung Mangkurat: 1 emas, 0 perak, 0 perunggu, 0 honorable
  8. Universitas Syiah Kuala: 1 emas, 0 perak, 0 perunggu, 0 honorable
  9. Universitas Mataram: 1 emas, 0 perak, 0 perunggu, 0 honorable.
  10. Universitas Indonesia : 0 emas, 2 perak, 3 perunggu, 0 honorable.
Tag : #pendidikan    #gemastik    #kemdikbud ristek    #teknologi informasi    #perguruan tinggi   

Baca Juga